Makna “Ibid”, “Op. Cit”, dan “Loc. Cit”

Melihat kesimpangsiuran pemahaman mahasiswa terhadap istilah “ibid”, “op. cit”, dan “loc. cit” serta penggunaannya dalam penulisan skripsi mahasiswa di UNTIRTA hingga saat ini, sengaja Saya posting bahan ini sebagai referensi. Semoga dapat memberi pemahaman.

Istilah Ibid. berasal dari kata  ibidem yang berarti “sama dengan sebelumnya”. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan bahwa kutipan yang ditulis pada catatan kaki berasal dari sumber yang sama dengan yang telah disebutkan sebelumnya atau di atasnya, tanpa diselingi oleh sumber kutipan lainnya.

Istilah op. cit. berasal dari kata opera citato yang berarti “kutipan melompat”. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan bahwa kutipan yang ditulis pada catatan kaki berasal dari sumber yang sama yang telah disebut sebelumnya, namun tidak sama halamannya serta sempat diselingi oleh sumber lain. Istilah op. cit. ditulis sesudah menyebutkan nama penulis buku sumber yang dirujuk.

Istilah loc. cit. berasal dari kata  loco citato yang berarti “tempat yang sama”. Digunakan dengan teknis yang sama dengan op. cit. namun dengan ketentuan bahwa halaman yang dikutip tersebut sama dengan kutipan sebelumnya.

Selamat menulis Skripsi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


+ eight = 16


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco